-->

Iklan Billboard 970x250

Cara Install Software Gparted Di Linux

Cara Install Software Gparted Di Linux

Tutorial Untuk Install Aplikasi Gparted Di Linux - Apa itu Aplikasi Gparted? Dan Bagaimana cara untuk kita menginstallnya pada sistem operasi linux? Sebelum kita menginstall aplikasi ini kita harus paham dan tahu apa sih aplikasi yang ingin kita install di sistem operasi linux kita. 

Gparted atau kepanjangannya adalah Gnome Partition Editor adalah sebuah software yang memiliki GUI (Graphical User Interface) yang dimana fungsi aplikasi ini adalah untuk manajemen storage kita yaitu harddisk atau pun SSD, seperti partition wizard pada DLC boot atau pada windows. Tapi Gparted ini di peruntukan untuk sistem operasi linux, seperti ubuntu, fedora, debian dan Open suse.



Fungsinya pun seperti partition wizard di windows atau dlc boot yang dimana fungsinya bisa untuk melakukan resize, editing, delete atau create partition di storage kalian. 

Bagamana? Kalian sudah tahu sedikit tentang Gparted ini? lalu Bagaimana cara kita untuk install aplikasi gparted ini pada linux kita? Caranya mudah ko, silakan kalian ikuti tutorial dibawah ini yaaaa....

1. Pertama, kalian buka terlebih dahulu terminal kalian bisa dengan menggunakan shortcut key yaitu ctrl + t atau bisa kalian cari melalui menu aplikasi kalian masing masing.

2. Jika sudah kalian ketikan perintah untuk mengupdate repository kalian terlebih dahulu, perintahnya seperti dibawah ini.
sudo apt-get update


3.  Jika kalian sudah melakukan update pada repository kalian, selanjutnya kalian bisa langsung melakukan installasi aplikasi gparted ini dengan memasukan perintah dibawah ini.
Debian : sudo apt-get install gparted
Ubuntu : sudo apt-get install gparted
Fedora : su -c "yum install gparted"
Opensuse : sudo zypper install gparted 


4. Dan jika sudah kalian bisa langsung buka aplikasinya melalui menu aplikasi kalian masing masing. 


Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post

Artikel Terbaru